A.
PENGERTIAN
PASAR
Pengertian pasar secara konkret adalah
tempat bertemunya pembeli dan penjual. Dalam ilmu ekonomi, pengertian pasar
lebih dititikberatkan pada kegiatan jual belinya. Pasar dapat terbentuk di mana
saja dan kapan saja.
Syarat-syarat terbentuknya pasar:
1. Adanya penjual
2. Adanya pembeli
3. Adanya barang atau jasa yang diperjualbelikan
4. Terjadinya kesepakatan antara penjual dan pembeli
B.
FUNGSI
PASAR
1.
Fungsi Pembentukan
Harga
Pasar berfungsi sebagai pembentuk harga pasar,
yaitu kesepakatan harga antara penjual dan pembeli.
2.
Fungsi Distribusi
Dalam kegiatan distribusi, pasar berfungsi
mendekatkan jarak antara konsumen dengan produsen dalam melaksanakan transaksi.
Dalam fungsi distribusi, pasar berperan memperlancar penyaluran barang dan jasa
dari produsen kepada konsumen.
3.
Fungsi Promosi
Pasar merupakan sarana paling tepat untuk ajang promosi.
Pelaksanaan promosi dapat dilakukan dengan cara memasang spanduk, membagikan
brosur, membagikan sampel, dll.
C.
BENTUK
PASAR
a. Pasar menurut Pelayanan dan Kelengkapannya
1.Pasar tradisional
Dalam pasar tradisional, pembeli dilayani langsung oleh penjual,
sehingga dimungkinkan masih terjadi tawar menawar harga. Contoh pasar
Beringharjo di Yogyakarta, pasar Johar di Semarang.
2.Pasar modern
Dalam pasar modern, pelayanan dilakukan secara mandiri dan
dilayani oleh pramuniaga. Di dalam pasar modern tidak terjadi tawar menawar
harga, karena harganya sudah pasti.
b. Pasar menurut Fisik
1.Pasar kongkret/riil, adalah pasar di mana penjual dan pembeli
bertemu langsung dan barang yang diperjualbelikan benar-benar ada.
Ciri-cirinya: transaksi tunai, barang dapat langsung dibawa,barang yang
diperjualbelikan benar-benar ada dan penjual pembeli bertemu langsung.
2.Pasar abstrak, adalah
pasar di mana penjual dan pembali tidak bertemu secara langsung dan barang yang
diperjualbelikan tidak tersedia secara langsung. Ciri-cirinya: transaksi
berlandaskan rasa percaya, penjual pembeli berada di tempat yang berbeda,
barang yang diperjualbelikan tidak tersedia (hanya contohnya saja).
c. Pasar menurut Waktu Terjadinya
- Pasar
harian, pasar yang penyelenggaraannya setiap hari.
- Pasar
mingguan, pasar yang penyelengggaraanya setiap seminggu sekali.
- Pasar
bulanan, pasar yang penyelenggaraanya sebulan sekali.
- Pasar tahunan, pasar penyelenggaraannya setahun
d. Pasar menurut Luas Wilayah Kegiatannya
- Pasar lokal, pasar yang daerah pemasarannya hanya meliputi daerah tertentu, barang yang diperjualbelikan adalah barang kebutuhan masyarakat di sekitarnya.
- Pasar nasional, pasar yang daerah pemasarannya meliputi wilayah satu negara, barang yang diperjualbelikan adalah barang yang dibutuhkan masyarakat negara tersebut.
- Pasar regional, adalah pasar yang daerah pemasarannya meliputi beberapa negara di wilayah tertentu dan biasanya didukung dengan perjanjian kerjasama misalnya AFTA di wilayah Asia Tenggara.
- Pasar
internasional/pasar dunia, adalah pasar yang daerah pemasarannya meliputi
seluruh kawasan dunia, barang yang diperjualbelikan adalah barang yang
dibutuhkan semua masyarakat dunia
e. Pasar menurut Barang yang Diperjualbelikan
- Pasar barang konsumsi, adalah pasar yang memperjualbelikan barang yang secara langsung dapat dikonsumsi, misalnya pasar sembako, pasar buah.
- Pasar
barang produksi, adalah pasar yang memperjualbelikan barang produksi
atau faktor-faktor produksi, misalnya pasar bibit ikan, pasar mesin-mesin
pabrik, bursa tenaga kerja.
f. Pasar menurut Bentuk/Organisasi Pasar
- Pasar
persaingan sempurna (perfect competition market), adalah pasar yang
terdapat banyak penjual dan pembeli sehingga harga tidak bisa ditentukan
oleh masing-masing penjual/pembeli.
Ciri-cirinya:
- Pengetahuan
penjual dan pembeli sempurna
- Penjual
dan pembeli bebas keluar masuk pasar
- Penjual
dan pembeli banyak
- Barang
yang diperjualbelikan bersifat homogeny
2. Pasar persaingan tidak sempurna (imperfect competition
market), adalah pasar di mana jumlah pembeli lebih banyak daripada jumlah
penjual.
Ciri-ciri:
- Pengetahuan
pembeli tentang pasar terbatas
- Terdapat
hambatan nutuk memasuki pasar
- Jumlah
penjual sedikit
- Barang
yang diperjualbelikan heterogen
Pasar persaingan tidak sempurna dibedakan menjadi:
a. Pasar monopoli, adalah pasar yang sepenuhnya dikuasai satu penjual. Contoh:
PLN menguasai listrik di Indonesia.
Ciri-ciri:
- Terdapat
satu penjual dan banyak pembeli.
- Harga
ditentukan oleh penjual.
- Tidak
ada barang lain yang dapat menggantikan barang yang diperjualbelikan.
- Ada rintangan bagi penjual baru yang ingin masuk.
Hambatan yang terjadi pada pasar monopoli:
- Penetapan
harga serendah mungkin
- Adanya
kepemilikan terhadap hak paten/hak cipta dan hak eksklusif
- Pengawasan
yang ketat terhadap agen dan distributor
- Adanya
skala ekonomis yang sangat besar
- Memiliki
sumber daya yang unik
b. Pasar duopoli, yaitu pasar yang dikuasai oleh dua penjual. Contoh: Caltex dan
Pertamina menguasai minyak pelumas.
Ciri-ciri:
- Terdapat
dua penjual dan banyak pembeli.
- Harga ditentukan secara sepihak oleh kedua penjual
c. Pasar oligopoli, yaitu pasar yang dikuasai oleh beberapa penjual. Contoh:
Honda, Suzuki, Yamaha, dan Kawasaki menguasai sepeda motor.
Ciri-ciri:
- Terdapat
beberapa penjual dan banyak pembeli
- Barang
yang diperjualbelikan bersifat homogen
- Terdapat
hambatan bagi penjual baru
- Adanya
saling ketergantungan
- Penggunaan iklan sangat intensif
d. Pasar monopolistik, yaitu pasar dimana terdapat banyak produsen yang menjual
barang yang sama tetapi dengan berbagai macam variasi.
Ciri-ciri:
- Terdapat
banyak produsen
- Barang
yang diperjualbelikan sama tetapi dengan berbagai macam variasi
- Adanya
kemudahan bagi produsen baru untuk menawarkan produknya
- Selalu
terbuka peluang untuk menciptakan persaingan
e. Pasar monopsoni, yaitu pasar dimana terdapat banyak penjual tetapi pembelinya
hanya satu.
Ciri-ciri:
- Terdapat
banyak produsen
- Pembeli
hanya satu
- Para
produsen bersaing keras untuk memberikan pelayanan dan harga serendah
mungkin
D. PERANAN PASAR
1.
Peranan
pasar bagi produsen
- Sebagai tempat untuk mempromosikan barang.
- Sebagai tempat untuk menjual hasil produksi.
- Sebagai tempat untuk memperoleh bahan produksi.
2.
Peranan
pasar bagi konsumen
- Memudahkan konsumen untuk mendapatkan barang kebutuhan
- Sebagai tempat bagi konsumen untuk menawarkan sumber
daya yang dimiliki
3.
Peranan
pasar bagi pemerintah
- Sebagai penunjang kelancaran pembangunan
- Sebagai sumber pendapatan negara
E. KEGUNAAN PASAR KONKRET DALAM KEGIATAN EKONOMI MASYARAKAT
- Merupakan
tempat menjual hasil produksi yang dihasilkan masyarakat
- Menjadi
tampat pemenuhan kebutuhan masyarakat secara langsung
- Menjadi
tempat transaksi jual beli barang atau jasa
- Membantu
menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat
- Membantu
meningkatkan pendapatan masyarakat
- Membantu
meningkatkan pendapatan daerah
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapus