Contoh Mitos

Tugas Bahasa Jawa
·        Menceritakan 1 buah mitos

Mitos yang akan saya bahas pada tugas kali ini adalah : apakah benar pada saat kita wanita haid tidak boleh memotong kuku atau rambut dan menyisir rambut ?
Narasumber : Tante saya

Mungkin mitos ini bukan hanya ada pada lingkungan keluarga saya, orang jawa, namun juga masih dipercaya oleh sebagian besar orang Islam.
Banyak yang mengatakan bahwa kaum wanita sewaktu menstruasi, tidak diperbolehkan memotong kuku atau rambut dan juga tidak boleh menyisir rambut hingga rambutnya rontok. Jika terlanjur  kuku atau rambut sudah dipotong, maka haruslah menyimpan potongan kuku atau rambut tersebut dan kemudian mencucinya bersamaan dengan mandi besar seusai menstruasi. Katanya, kuku dan rambut yang dipotong sewaktu menstruasi merupakan bagian tubuh kita yang tidak suci, sehingga jika ada bagian yang tidak dibasuh sewaktu mandi besar, maka mandi besar menjadi tidak sah.
Ketika saya menanyakannya pada tante saya, ternyata mitos itu tidak benar karena tidak ada dalil atau hadits yang shahih yang membenarkan mitos tersebut. Dan semisal kita lupa, memotong kuku pada waktu haid dan potongan kuku itu kita buang, bukan berarti mandi besar nanti menjadi tidak sah.
Argumen tante saya itu, kemudian terbukti pada saat saya mencari di internet. Disebutkan dalam hadits dari Aisyah, bahwa ketika Aisyah mengikuti haji bersama Rasulullah, sesampainya di Mekkah Aisyah mengalami haid. Kemudian Rasulullah bersabda “Tinggalkan umrahmu, lepas ikatan rambutmu dan ber-sisirlah...” (HR. Bukhari 317 & Muslim 1211)
Rasulullah memerintahkan Aisyah yang sedang haid untuk menyisir rambutnya. Padahal beliau baru saja datang dari perjalanan. Sehingga kita bisa menyimpulkan dengan yakin, pasti akan ada rambut yang rontok. Namun, Rasulullah tidak menyuruh Aisyah untuk menyimpan rambut yang sudah rontok untuk dimandikan setelah suci haid. Hadis ini menunjukkan bahwa rambut rontok atau potongan kuku ketika haid hukumnya sama dengan kondisi suci.

Artinya, tidak ada kewajiban untuk memandikannya bersamaan dengan mandi besar haid. Jika hal ini diisyaratkan, tentu Rasulullah tentu menjelaskan kepada Aisyah untuk menyimpan rambutnya dan memandikannya bersamaan dengan mandi besarnya.

Komentar