Uji Kompetensi 1

Tugas                          : PKn, Uji Kompetensi 1
Materi                        : Keadilan Bangsa Indonesia

Uji Kompetensi 1
1.      Mengapa dibutuhkan hukum dalam kehidupan masyarakat?
Jawab : Hukum diperlukan dalam kehidupan masyarakat, untuk mewujudkan ketertiban dan keteraturan dalam kehidupan masyarakat. Tanpa adanya hukum, maka setiap orang akan berperilaku sekehendak hati (sewenang-wenang), dan tentunya hal ini akan dapat mengakibatkan benturan kepentingan satu sama lain. Hukum juga diperlukan untuk melindungi orang lemah dari pihak penguasa. Hukum juga merupakan sarana perwujudan kesetaraan atau persamaan derajat dan tidak memandang kaya miskin.

2.      Mengapa sanksi yang tegas sangat diperlukan dalam hukum?
Jawab : Sanksi yang tegas sangat diperlukan dalam hukum, karena setiap orang akan berpikir ulang untuk melakukan pelanggaran hukum, baik untuk pertama kalinya, atau mengulangi kejahatan yang dulu pernah dilakukan. Dengan minimnya kasus-kasus pelanggaran hukum, maka akan mewujudkan ketertiban dan keteraturan dalam masyarakat. Sanksi yang tegas selain dapat memberikan efek jera juga dapat mewujudkan keadilan dalam masyarakat.

3.      Tindakan apa yang akan Anda lakukan jika mengetahui terjadinya pelanggaran hukum?
Jawab : Tindakan saya yang akan saya lakukan jika mengetahui terjadinya pelanggaran hukum, tergantung dari pelanggaran hukum itu sendiri, jika pelanggaran hukum itu bersifat ringan dan masih bisa saya tangani, misalnya pertengkaran siswa, maka saya akan merelainya atau melaporkan kepada guru, jika itu di sekolah. Jika di tempat umum, dan saya belum bisa untuk menanganinya, maka saya akan menelpon atau melaporkan kepada pihak yang berwajib yaitu kepolisian.

4.      Dapatkah ketertiban terwujud tanpa adanya hukum atau peraturan?
Jawab : Menurut saya tidak, karena nantinya akan timbul kesenjangan diantara yang kuat dan yang lemah seperti penindasan orang kaya terhadap orang miskin, orang yang lebih kuat akan sewenang-wenang dalam bertindak karena tidak ada yang mengatur atau mengendalikan. Sekarang ini saja, meskipun sudah ada hukum, selalu tajam ke bawah dan tumpul ke atas. Ini maksudnya hukum memang tegas, tapi hanya untuk yang lemah atau miskin, sedangkan orang yang berpangkat atau kaya tidak terpengaruh hukum karena lemahnya hukum itu sendiri. Jadi, hukum sangat diperlukan untuk mewujudkan ketertiban dalam masyarakat.

5.      Berikan contoh kasus pelanggaran hukum/peraturan yang pernah terjadi di kampung Anda!

Jawab : contoh kasus pelanggaran hukum/peraturan yang pernah terjadi di kampung saya, Jadi waktu itu, ketika semua orang sudah tertidur lelap, tiba-tiba terdengar suara keributan. Suara itu ternyata dari Blok HH.10, keributan itu disebabkan anak dari Eyang, yang memaksa meminta uang tetapi tidak dikasih, lalu membakar semua baju-baju milik Eyang. Keributan ini pun terdengar oleh Pak Agus, Ketua RT 24. Pak Agus segera merelai antara anak dan orang tua tersebut. Dan melaporkannya kepada pihak yang berwajib, untuk menuntaskan kesalahpahaman yang terjadi. Dari kasus ini dapat dianalisa bahwa pelanggaran hukum yang terjadi yaitu mengganggu ketenangan warga sekitar dengan menimbulkan keributan. Pelanggaran hukum yang terjadi sebenarnya tidak terlalu besar, tapi bisa dikatakan ini termasuk pelanggaran hukum.

Komentar