[HARI RAYA TAHUN INI, RASANYA BEDA]

[HARI RAYA TAHUN INI, RASANYA BEDA]

"Mah, kita engga beli baju baru?" 
"Gak. Emange kate nangdi? Wes nang omah wae. (Enggak, memangnya mau kemana? Di rumah aja)

Kira-kira begitulah percakapanku dengan Mama di akhir bulan ramadan. Tapi ya bener juga sih, nggak lucu aja kita penampilannya modis, tapi positif covid. *uhuk sarkas uhuk. (Maap agak kesel sama video ibu² rame nyerbu mall demi bisa beli baju baru, masalahnya mereka itu berkumpul banyak bangetttt, desak²an, boro² mikirin physical distancing, pokoknya cari baju bagusss) 

Ok, kembali ke topik. Kalo tahun kemarin, sehabis sholat ied waktu Hari Raya Idul Fitri, langsung cuss ke rumah sodara yang lebih tua; tahun ini... nggak bisa. 

Emang sih waktu malem takbirannya masih sama, masih saling mengucapkan Minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin. Nggak lupa juga ucapan Taqabbalallahu minna wa minkum, aemoga Allah menerima amal kami dan kalian. Dan kayaknya grup wa orang tua juga masih ada tuh yg ngucapin, ketika tangan tak lagi mampu berjabat, wkwkwk.

Kalo sekarang, Idul Fitri di tahun 2020, kayaknya akan beda dibanding tahun² sebelumnya. Padahal dua hari sebelum hari raya, Om udah menghubungi Mama tentang ajakan untuk 'mudik lokal' ke rumah Pakdhe di daerah Surabaya. Rencana dan persiapan sudah disusun dengan baik. Dengan jumlah mobil sebanyak 4 dan anggota keluarga sebanyak 15, kita atur strategi. 3 orang pasukan pertama naik Brio, 3 selanjutnya naik Baleno, 4 selanjutnya naik Innova, dan 4 terakhir naik Pajero. Oh iya, sisa 1, adik kecil biar dipangku oleh Tante wkwk, begitu rencana Om dan Mama. Daerah Surabaya memang ketat banget kalo urusan PSBB jadi harus atur rencana biar nggak disuruh putar balik. Semua persiapan sudah matang, ternyata oh ternyata... ada peraturan PSBB yang terbaru dimana mobil 2 baris maksimal hanya boleh beranggotakan 2 penumpang dan mobil 3 baris hanya boleh beranggotakan 3 orang. Itu berarti, hanya bisa muat 10 orang.. Deg. Hancur sudah rencana 'nekat' mudik lokal... (batal juga rencana menghabiskan nastar dan kastengel di rumah Pakdhe :( *eh)

Akhirnya fix kita nggak kemana-mana. Lebaran ya, yaudah di rumah aja. Terus, pada pukul 20.27 di grup keluarga besar, muncul notifikasi pemberitahuan bahwa ada rencana untuk rapat penting. 

Om is inviting you to a scheduled Zoom meeting.

Topic: Halal bi halal Keluarga
Time: May 24, 2020 08:00 AM Jakarta
Join Zoom Meeting

Sedih juga kalo tahun ini nggak bisa bertemu langsung dan terpaksa harus "Halal bihalal Online" :(

Baiklah, berarti tahun ini nggak dapet TH- maksudku, nggak dapet momen silaturahmi dengan keluarga secara langsung :( 

Tapi nggakpapa, tetep harus bersyukur. Temen-temen yang masih di perantauan aja, bahkan harus lebaran 'sendiri' tanpa keluarga inti yang ada di rumah. Tenaga medis juga, bahkan udah sebulan nggak bisa pulang ketemu keluarga. Dan mereka semua  enggak ngeluh, tetap bertahan sebagai garda terdepan dalam penanganan pandemi😢 yuk, kita juga harus bisa! Ditahan dulu buat pergi-pergi bahkan untuk sekedar mudik lokal yang daerahnya dekat. Di rumah aja, nggak usah kemana-mana.

Komentar