[KALO SEMESTER DEPAN MASIH SFH GIMANA YA?]

[KALO SEMESTER DEPAN MASIH SFH GIMANA YA?]

SFH atau Study From Home sejak masa pandemi dimulai sejak pertengahan bulan Maret. Adanya SFH bener-bener membuatku ngerasain gimana berharganya bisa belajar di kampus. 

Kalo dulu sebelum ada pandemi, waktu kuliah biasa sering nge-gep temen yang tidur di kelas, dengan skill dia tidur tapi tetap tegak seakan² masih memperhatikan dosen, padahal mah aslinya udah berada di dunia lain (sumpah dewa banget, aku ingin berguru padanya😂), aku pengalaman tidur di kelas waktu kelas sore, malah dosen langsung 'nggebrak' layar proyektor sampe aku bangun:)). Sekarang waktu SFH, jadi tidur di kasur masing-masing :( ga greget, wkwkwk. Gak-gak, becanda yah.. Yang benerannya gini, jujur aku waktu kuliah normal dulu sering duduk di depan (bukan karena pinter, tapi aku rabun aja orangnya), kuliah normal kayak gitu aja, aku masih susaaah banget mahamin materinya dosen, dan kalo bener-bener gak bisa ngikutin yauda tinggal tidur :). Di masa-masa SFH, rasanya kegoblokanku sebagai mahasiswa semakin membara. Udah niat-niat buka link kelas online, udah nyiapin kertas buat nyatet, eh sinyal mengkhianati dengan keji dong. Pasti ada bagian-bagian yang putus ketika dosen nerangin. Yang buat mikir "hah, gimana² tadi?" "lhoh, kok cepet banget sampe situ?" "bentarr, tadi awalnya begimana dah kok tiba-tiba bahas ini?" Cuman ya gitu. Mahasiswa suka gengsi kalo ditanya dosen "Ada pertanyaan?". Masalahnya, kalo kita jawab "Maaf Pak, saya tidak memahami semua hal yang Bapak jelaskan tadi". Kita tidak mau ya auto E :). Makanya siasat kita (waktu kuliah normal dulu) adalah mengikuti tutorial dari kakak tingkat/ sesama temen buat 'mengerti' materi yang selama ini ditulis di buku catetan, tapi aslinya nggak paham-paham banget. 

Lanjut mengenai SFH, pengalaman kelas online yang pernah kurasain juga aneh-aneh : 
1. Pasti ada aja yang AFK/ ketiduran waktu kelas online dan telat nyadar. Bangun-bangun dia udah sebatang kara di room kelas online. 
2. Diem-diem disambi/ sambil ngerjain kegiatan lain. Temenku pernah cerita kalo waktu kelas kalkulus dia dengerin sambil masak:)
3. Dosen yang gayakin kalo mahasiswanya nyimak bakal random nyeletuk "Gimana mbak XX sudah paham?" Wkwkwk.
4. Waktu dosen nanya dikit banget yang respon, tapi waktu dosen bilang, "Baik, sekian dan terimakasih" eh tiba-tiba banyak yang nyamber "Siap, terimakasih, Pak" hampir seluruh mahasiswa:") udah kayak hero yang disummon Dr.Strange waktu perang ngelawan Thanos di Avengers: End Game, alias rame bener. 

SFH membuat mahasiswa berpikir 'yes, nggak ada praktikum, Alhamdulillah' Logikanya kan, praktikum nggak bisa dilaksanain, laporan praktikum juga nggak bisa dibuat dong, iya dong. Begitu pikir polos kami mahasiswa. Tapi semua prasangka-prasangka baik itu menghilang ketika 'Praktikum Online' menyerang. Hanya mahasiswa pintar dan ambis yang terpilihlah yang senang akan program baru tersebut. Dan buntut panjang dari masa 'belajar di rumah' ini adalah KKN resmi dilaksanain secara daring juga :(.

Kalo misal ditanya 'enak mana sih belajar normal atau belajar di rumah?' Jujur, susah jawabnya, tapi kalo 'bener-bener' sisi mahasiswa yang tujuannya kuliah pengen pinter, pasti nggak akan ragu buat jawab kalo belajar atau kuliah normal adalah jawabannya. 

Karena gini, ketika kuliah normal dosen nyampein materi di kelas (yang meskipun nggak bisa dipahamin langsung), ada temen yang hadir sebagai penyelamat nilai ujian dengan jelasin materi-materi waktu minggu tenang. Kalo kuliah online... yang ujiannya open book, selain berusaha ikhtiar mahamin materi, tapi pasti nggak berat disitu. Lebih ke nyari kumpulan soal beserta solutionnya. Waktu ujian pun, sibuk nyari soal yang mirip karena udah ada penyelesaiannya. Apalagi kalau soal ujiannya, sama persis dengan soal tahun lalu :) Ga mikir, langsung aja ctrl c+ctrl v. Aku pernah ngerjain soal ujian yang cuma 2 biji dan soalnya persis tahun lalu, karena udah search jawaban sebelum ujian dilaksanain, langsung dah tuh upload jawaban 7 lembar:). Ok, lanjut. Singkat cerita beberapa matkul aku jawab dengan metode yang sama. Setidaknya kalo enggak bener, aku jawab sepanjang-panjangnya agar supaya terlihat ambis. Ada nilai yang udah keluar dan indeksnya bagus. Dan pengalaman dapet nilai bagus ini nggak cuma aku. Salah satu testimoni temen yang semester ini ngulang kalkulus II bahkan dapet nilai A dari yang sebelumnya C. Keren banget gak tuh. Padahal kita tentu tau, mendapatkan C di matkul kalkulus (untuk kami mahasiswa biasa) kita udah bersyukur banget, asal bukan D/E dah. Aku mikir, "wah enak ya, kalo kuliah online bisa naikin ip misal matkul-matkul lain nilai yang keluar bagus juga, (iyalah secara kan open book waktu ujian)".

Tapi aku takutnya, nilai-nilai itu cuma nilai 'kosong' yang kelihatannya bagus aja, tapi aslinya enggak ada ilmunya. 

Bener-bener takut. Misal nanti ujian sidang skripsi, lagi nggak bisa jawab pertanyaan, terus dosen bilang, "Ini pertanyaan dasar lho, kamu aja bisa dapet A di matkul ini, masak gini doang nggak tahu jawabannya?" Modyar!

Makanya aku mikir, semester depan masih belajar di rumah nggak ya? Takutnya, aku sebagai mahasiswa yang 'kepaksa belajar' cuman waktu mau ujian, nggak akan belajar dan bakal leha-leha terus, alhasil yaudah nggak dapet ilmu. 

Kalo misal kembali ke keadaan normal, ya bersyukur. Tapi, hmm survival at its finest pasti. Tapi kalo tetep online, semoga nggak mengurangi semangat buat kuliah:") 

Cuman bisa berharap kalo masa pandemi ini segera berlalu, kehidupan kembali ke sedia kala dengan kenormalan yang baru. Makanya sebelum dinyatakan 'aman' plis nggak usah keluar-keluar nongkrong nggak jelas dulu:") (biasa juga bilang males kalo diajak nongkrong sama temen, wkwk). Aku yakin kita semua bisa menyelamatkan dunia sambil menjalankan passion yaitu rebahan. Hidup pahlawan rebahan! 

Terimakasih telah membaca tulisanku, baca tulisan-tulisan lainnya di Random Berfaedah, ya! :D

Komentar