[KAMU MANJA] alias MAles daN nunda buat kerjainnya besok aJA

[KAMU MANJA]

"Terkadang bukan karna nggak ada fasilitas, tapi kamu-nya aja yang terlalu manja alias 'males dan nunda buat kerjainnya besok aja'"
*iya maaf singkatannya agak maksa :(

Pernah nggak sih kalian punya pemikiran bahwa sebenernya kalian itu bukannya nggak produktif, tapi karena 'nggak ada fasilitas' makanya nggak bisa ngerjain macam² hal:))) ahahahha, nggak usah pembenaran atas kemanjaan kalian ya:))) 

Kenapa aku bisa ngomong gini? Ya karna aku mengalaminya sendiri hehehehe:). Waktu scrolling² instagram, pernah tuh baca komenan di author komik "Wah enak ya kak, kalo udah punya pen tablet, gambarnya bisa mulus gitu" hmm, mohon maaf nih samsul wkwk:)). Nyatanya, gambar yang bagus bukan karena pen tabletnya, bukan dari kecanggihan alatnya, ya tapi karena authornya itu tiap hari gambar, skill-nya dilatih biar makin hari makin bagus. Bukannya, beli pen tablet tiba-tiba gambarnya 'cling' jadi bagus:) Nyatanya tanpa pen tablet pun, nggak membatasi author tersebut buat berkarya dan tetep gambar komik. Bahkan, meskipun cuman modal paint dan mouse, dia tetep bisa gambar komik, walaupun membutuhkan proses yang lebih lama:)

Fun fact : "Kalo udah ada fasilitas bagus, juga nggak jamin kamu akan 'langsung' produktif, lhoh:)" 

'Lah kok bisa? Nggak bisa gitu dong, harusnya klo ada fasilitas, bisa rajin untuk membuat karya...' 

Bisa kok. Dan mungkin terjadi pada banyak orang juga. Kayak temenku satu ini misalnya. Jadi, waktu itu kebetulan aku ambil mata kuliah Praktek Kerja Lapangan, dimana itu konsepnya kita kayak magang/ latihan kerja gitu di perusahaan secara berkelompok. Aku sama 2 orang temenku. Nah, salah satu temenku ini, dia punya kemampuan gambar yang bagus bangett, yg kalo misal dilihat gambarnya itu udah kayak foto. Alias bangus banget. Kita magang di daerah Cepu, yang berarti kita harus tinggal bersama selama satu bulan penuh. Kan konsepnya kalo kita hidup sebulan di kota yg kita tidak tahu, otomatis barang bawaannya itu yg 'penting²' aja kan ya, nah waktu aku lihat dia bawa seperangkat-alat-gambar-nya (yg kalo diganti snack bisa muat 1 kresek kayanya) dan itu aku sempet yang kebingungan gitu lho, karna gini... kan klo di perusahaan itu full jam kerja dr jam 7.30-16.00, malem senggang pun paling ya buat istirahat. Sabtu-minggu libur pun mungkin ya bisa tapi mager. Pertanyaannya, "emang sempet gambar? kapan?" Dan akhirnya sampai kita pulang, dia enggak menggunakan alat gambarnya alias ga gambar apa² sama sekali huehuehue:")))) 

"Ah, aku nggak gitu, aku nggak kayak temenmu. klo ada fasilitas pasti aku akan menjadi rajin" 

Hmm, gini², kalo tadi aku cerita dari sudut pandang pengamat aja, sekarang aku ceritain pengalaman yg awal udh ku bilang, wkwk. Ini cerita pengalamanku sendirii. Dan fasilitas yg akan kubahas cukup sederhana, yaitu "internet" 

Kalo di rumah, kebetulan meskipun rumahku perumahan dan di kota, tapi gaktau kenapa di rumahku susah banget sm yg namanya sinyal-_- padahal udah pake s#####i tetep aja lambat, oke lanjut gamau julid ttg provider. Aku kebetulan kuliah di salah satu kampus di Yogyakarta dengan fasilitas yang lumayan lah klo buat internet, sekitar 3-4GB per hari. Nah, kalo dulu waktu jaman maba (iya, skrg udah tua huhuhu) sering banget nih kalo misal nggak ada kuliah, nongkrong di lantai 5 buat internetan, konsepnya ya mau produktif gitu, ya kerja²in tugas, download² materi, terus juga iseng submit lomba. Kalo nggak di kampus pun, aku suka cari cafe/ minimarket yang nyediain wifi gratis (iya, cuy sampe segitunya, wkwk).

Semester terus berganti, tapi aku mulai penasaran kenapa aku nggak serajin dulu, sering deadliner dan udah nggak pernah ikut lomba. Aku berpikir, oh mungkin ini karena keterbatasan internet. Karena aku orangnya cukup mageran untuk bawa laptop tiap hari ke kampus, berat eh:( nah, mulai deh di semester berapa ya, 5/6 gitu, diajakin temen kosan untuk inisatif pasang wifi. Lika-liku pemasangan wifi pun telah terlewati. Dan kini internet sudah sangat² mudah, aku rebahan aja itu udah tersedia internet yang unlimited. "Yey, gak perlu ribet bawa laptop ke kampus, ayo jiwa-jiwa produktif kembalilah padaku" begitu pikirku, tapi mereka tidak pernah kembali :( Nyatanya ada kemudahan akses internet di kosan, tidak serta merta berbanding lurus pada keinginan untuk produktif ria:( diri ini malah semakin malas untuk membuat tugas/tulisan apapun. Dan kalo pulang kuliah, bukannya review materi tapi langsung buka youtube, scrolling ig, streaming film, dan nonton running man karena video yg tidak buffering membuatku semakin tidak ingin melakukan hal lain :( Intinya, saat itu aku terlena banget sama fasilitas yang aku dapat.  

Aku kembali merenung bahwa "Fasilitas yang baik tapi tidak dibarengi dengan semangat untuk produktif, ya sama aja boong"

Buktinya, ketika ada keterbatasan internet, aku malah berusaha gimana aku bisa menaklukan keterbatasan itu dengan bawa laptop ke kampus walaupun itu berat, dan usaha itu secara nyata membuahkan hasil. Fasilitas yang baik, tentu juga harus dibarengi dengan semangat yang tinggi, karena kalo engga gitu, kita justru terlena dan berubah menjadi semakin malas. 

Jadi, inti tulisanku disini adalah : kamu nggak perlu 'menunggu' untuk mendapatkan fasilitas yang terbaik untuk menghasilkan karya yang baik. Nyatanya dengan keterbatasan yang menjadi penghalangmu itu, aku yakin kamu bisa mengatasi kendala itu. Daripada 'menunggu', lebih baik 'mulai dulu dan ikutin proses'-nya kan? Dengan begitu kamu nggak akan buang-buang waktu :)

Apalagi di masa pandemi kayak gini, banyak hal baru yang sebenarnya bisa kamu coba dan explore lebih dalam, karna siapa tahu bukan, jika suatu saat apa yang kamu mulai saat ini bisa bermanfaat untuk hidupmu di waktu yang akan datang? :) 

Kayak kemarin aku mulai coba masak, simpel sih, cuma udang saos telor asin:) klo di game mah, istilahnya aku udah unlocked skill baru ini namanya, wkwk. *eh kok jadi bahas masak?

Intinya gitu :) Terima kasih sudah membaca:) kalau kamu gimana? Mau unlock skill apa hari ini? :))) heheheheh.

Komentar