[KELAKUANNYA NGGAK JELAS, EH TAPI PINTER BANGETT!]

[KELAKUANNYA NGGAK JELAS, EH TAPI PINTER BANGETT!]

Kayaknya quote "don't judge a book from its cover" itu, beneran deh. Soalnya emang aku punya kebiasaan sering menilai seseorang dari pertama aku lihat (iyo rek aku suka nge-judge di first impression). Dan di tulisanku ini aku mau sedikit menceritakan teman sekelasku waktu SMA. 

Jadii, bermula pada awal masuk SMA, ada seorang anak yang kehadirannya cukup 'mencolok' di antara temen-temen sekelasku yang lain. Biar mudah ngebayanginnya, jadi temenku itu memiliki wajah oriental, pakai kacamata kotak ukuran standar, pake sabuk (tapi entah kenapa bajunya sering keluar-keluar), dan tingkahnya hiperaktif banget. Sebut aja namanya, Matahari. 

First impressionku waktu ngeliat dia itu, "dia anak nakal yang tingkahnya nggak jelas"

Nih, tak coba sebutin beberapa tingkah laku anehnya dia :

1. Sering gak bawa buku dan langsung mengakuisisi atau mengambil hak kepemilikan buku orang lain (gak cuma dibawa, tapi dia bakal ngganti nama orang lain jadi namanya dia, dan korbannya udah hampir seluruh anak kelas)
2. Selain gak bawa buku, udah pasti dia gak bawa tepak (atau kalo bahasa Yogya-nya itu duskrip) dan otomatis gak bawa alat tulis :) nyolong bolpen temen adalah jalan ninjanya (dan meskipun udah dikasih nama, dia akan membuang label nama tersebut dan diganti namanya dia:))
3. Sering dimarahi guru. Gaktau kenapa, anak cowok di kelasku itu hobi banget dapet omelan dari guru, gak terkecuali Matahari. Dia sering dimarahi karena bajunya itu sering 'keluar-keluar' dimana itu membuatnya terlihat tidak rapi (soalnya kan seragam SMA itu dimasukin celana).
4. Keliatan nggak niat belajar dan cuma semangat waktu pelajaran biologi subbab reproduksi:). Inget banget waktu disuruh merangkum subbab itu sama guru biologi, dia niat banget sumpah:) bahkan dia ngegambar sendiri ilustrasi alat reproduksi di buku catatannya:)
5. Alim banget tapi rumornya suka liat b*kep. Dia pernah bilang kalo antara kebaikan dan dosa itu harus seimbang :") monangiis... 
6. Sumpah bukan gentleman:"). Jadi ceritanya waktu itu aku sekelompok sama dia waktu praktikum biologi, tentang bab siklus respirasi. Aku cewek sendiri dan 4 orang lainnya cowok semua, biasanya kan kalo praktikum itu ada bagian yang praktek dan ngerjain laporan, nah tapi kelompokku yang satu ini pada akhlakless semua! Semuanya aku yg ngerjain, dari mulai lari-lari, lompat-lompat, jalan biasa buat dapetin data waktu pernafasan sampek ngerjain laporan. 4 orang cowok gaguna semuaa, di akhir kayaknya kontribusi si Matahari cuma beliin aku minum jus. 
7. Akhlakless tapi setia. Berdasarkan 'rumor' lagi, dia langgeng banget sama temen deketnya sejak SD/SMP gitu.. tapi gaktau juga sih sekarang

Kira-kira gitu keanehan-keanehan sifatnya dia waktu kita sekelas SMA. Dan di pertengahan kelas 12, di persiapan Ujian Nasional, dia milih mata pelajaran Biologi. Di momen inilah akhirnya aku menyadari bahwa quote "don't judge a book from its cover" itu bener.
Singkat cerita, dia ketrima di Fakultas Kedokteran. Which means, FK = Pinter, wkwk. 

Aku bener-bener nggak nyangka dia masuk FK, bukan bermaksud ngeremehin, tapi belum bisa menerima fakta aja kalo dibalik tingkah anehnya itu, ternyata dia pinter bangett. Karna selama ini aku mengira bahwa anak pinter itu adalah dia yang 'kelihatannya' selalu belajar, dapet nilai ulangan yang bagus terus, tulisannya rapih, rajin, dan PR-nya selalu dicontek anak sekelas. Kalo dia mah boro-boro:") tulisannya astaghfirullah kagak bisa dibaca.. Tapi mungkin itu kali ya, yang jadi 'pertanda', bahwa otaknya berjalan lebih cepat dari syaraf gerak tangannya, ciri-ciri dokter banget kan "tulisannya susah dibaca" :) 

Oiya, terus disini aku juga mau bilang kalo "nggak semua yang benar, itu terlihat" maksudnya gini... kan aku bilang bahwa Matahari itu bener-bener nggak kelihatan bahwa dia adalah anak pinter yang suka belajar. Ketika dia udah buktiin ke semua orang bahwa dia bisa masuk FK, baru kita 'menyadari' bahwa 'Wow dia pinter ya, padahal nggak pernah belajar" Padahal, bukannya nggak belajar, tapi dia aja yang nggak pernah nunjukkin bahwa sebenernya dia rajin belajar dan dia udah usaha keras banget buat mencapai impiannya itu. Di saat aku minta izin buat tulisan tentang dia aja, dia terus ngomong "aku dari sd sudah sering ngerjain soal kimia diam2 betris" WKWKWKWK. yep. Segitu dulu aja ceritaku mengenai salah satu temenku yang menurutku keren. 

Nggak nyangka di masa depan dia bakal jadi dokter. Bahwa bercandaannya ke setiap anak-anak cewek "Eh, nanti kamu kalo cek kandungan, ke aku ya" itu akan segera terwujud:)

Soooo, jangan tiru aku yang mudah menilai seseorang dari penampilan/ tingkah laku nya sebelum mendalami karakternya yah!:) 

Dan Terimakasih sudah membaca tulisan 'Random Berfaedah' baca tulisan-tulisanku yang lainnya yah! :)

Komentar